Rabu, 13 November 2013

Sari Roti Pecah Nilai Nominal Saham



Nama    : Selviana Dianasari
Kelas    : 1EB20
NPM     : 28213362


I.                  PENDAHULUAN
Sari Roti merupakan sebuah merek roti ternama di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Nippon Indosari Corpindo. Merek roti ini pertama kali ditampilkan pada tahun 1995. Saat ini PT. Nippon Indosari Corpindo telah memproduksi berbagai macam produk Roti Tawar dan Roti Manis dengan merek dagang Sari Roti dan Boti, serta memproduksi chiffon cake dengan merek dagang Sari Cake.
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk atau lebih dikenal dengan Sari Roti akan melakukan pemecahan nilai nominal saham dengan rasio 1:5. Kepastian tersebut didapat setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan perusahaan di Jakarta.




II.               ISI
PT Nippon Indosari Corpindo Tbk yang dikenal dengan produk Sari Roti dalam rapat umum pemegang saham luar biasa di Jakarta menyetujui pemecahan nilai nominal saham dengan rasio 1:5 yang akan berubah dari Rp 100 per saham menjadi Rp 20 per saham. Stocksplit ini dilakukan untuk meningkatkan likuiditas sekaligus minat investor terhadap saham Sari Roti. Seperti diketahui, tahun ini saja harga saham Sari Roti sudah naik sangat tinggi. Stock split itu sendiri merupakan pemecahan jumlah lembar saham menjadi jumlah lembar yang lebih banyak dengan menggunakan nilai nominal yang lebih rendah per lembar sahamnya secara proporsional. Dengan melakukan stocksplit, diharapkan harga saham bisa turun dan lebih terjangkau.

Secara umum, pihak Sari Roti melalui Head of Public Relations-nya, Stephen Orlando hanya mau menyampaikan bahwa rencana stocksplit sedianya diharapkan dapat dilaksanakan pada triwulan IV/2013 mendatang dan penjualan Sari Roti ditargetkan bisa tumbuh sekitar 30 persen dengan peningkatan produksi secara massal. Dengan fokus pada pangsa pasar menengah ke atas (high-end), Stephen meyakini bahwa permintaan masyarakat terhadap produknya pasti terus meningkat. Sedangkan untuk masalah investasi, jumlah yang terealisasi di sepanjang semester I/2013 lalu mencapai 30 persen, atau setara dengan Rp150 miliar dari total dana Rp500 miliar.



 
  
III.           PENUTUP
Pemecahan nilai nominal saham ini diharapkan dapat meningkatkan likuiditas saham perseroan di Bursa Efek Indonesia dan menarik minat investor atas saham Sari Roti ini. Selain itu, untuk menjaga harga agar saham tidak terlalu tinggi sehingga sahamnya lebih memasyarakat dan lebih banyak diperdagangkan.




IV.           DAFTAR PUSTAKA
-          Koran Kompas, Jumat, 18 Oktober 2013
-          http://www.sariroti.com/post/berita-pers/pt-nippon-indosari-corpindo-tbk-akan-melakukan-pemecahan-nilai-nominal-saham/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar