Minggu, 17 November 2013

Penurunan Harga Gadget

Nama     :  Selviana Dianasari
Kelas     :  1EB20
NPM       :  28213362





I.                  PENDAHULUAN
Gadget berasal dari bahasa Inggris yang artinya sebuah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus, dan dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Gadget dapat berupa telepon pintar (smartphone), seperti BlackBerry, iPhone dan lain-lain serta netbook pun masuk ke dalam kategori gadget. Harga gadget selalu mengalami penurunan harga yang disebabkan oleh berbagai macam faktor yaitu salah satunya adalah karena selera konsumen itu sendiri.



II.              ISI
Akhir tahun biasanya jadi ajang vendor baik global maupun lokal untuk menjaring konsumen. Faktor yang paling bisa dilihat adalah adanya penurunan harga pada gadget disemua segmen.  Baik gadget baru maupun lama sama-sama menurunkan harga jual. Contohnya pada saat bulan Agustus 2013 harga BlackBerry tipe Q10 dan Z10 mengalami penurunan sebanyak 300rb, dan masih banyak lagi contoh penurunan gadget yang lainnya. Penurunan gadget ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
·         Tingkat kemajuan inovasi dalam bidang teknologi informasi semakin tahun semakin mengalami peningkatan, disini selera konsumen lebih memilih produk-produk baru yang dikeluarkan sehingga terjadi penurunan harga pada gadget-gadget terdahulu.
·         Munculnya persaingan produk yang sangat ketat antar para produsen, sehingga memicu turunnya harga agar konsumen mau membeli produk yang ditawarkan produsen dengan harga rendah namun kualitas masih bisa terjamin.




III.           PENUTUP
Dalam perkembangannya, produk-produk gadget mengalami penyusutan (penurunan) harga. Penurunan harga gadget disebabkan oleh kecanggihan dari teknologi itu sendiri yang berimbas pada selera konsumen, dan juga persaingan antar produsen. Dari penurunan harga gadget tersebut pasti membuat para calon konsumen berlomba-lomba untuk membeli dan  kurang mampu mengontrol dirinya menjadi sangat terpikat dengan kesibukan teknologi yang terdapat pada gadget tersebut.





IV.           DAFTAR PUSTAKA
-          Tabloid Pulsa Edisi 265 Th XI/2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar