Nama :
Selviana Dianasari
Kelas :
2EB25
NPM :
28213362
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Pengertian MYOB
MYOB merupakan singkatan dari Mind Your Own Bussiness. MYOB Accounting
adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah (
UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software).
Kegunaan MYOB
dalam kegiatan Administrasi Perusahaan
Berikut adalah kegunaan MYOB dalam kegiatan
Administrasi Perusahaan:
·
Alat bantu orang –
orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi
·
Menghemat waktu dalam
mengelola dan menjalankan pembukuan
·
Mengerti lebih dalam
bisnis
·
Membantu kita dalam
proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang
dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak
lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.
·
Mengelola barang
dagangan
·
Untuk memenuhi
kebutuhan akuntansi perusahaan,dll
Peranan MYOB dalam
Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
Berikut adalah peranan MYOB dalam siklus akuntansi
perusahaan jasa:
·
Sebagai alat komunikasi
untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implimentasi dalam
pengoperasian MYOB
·
Sebagai alat untuk
mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa
Kelebihan MYOB
Berikut adalah kelebihan-kelebihan MYOB:
1.
Kemudahan
penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakannya walaupun yang
bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali.
2.
Accounting Power, sehingga
pengelolaan informasi dengan menggunakan software ini cukup dapat diandalkan.
3.
Feature Job dan
Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek
4.
Departmentalisasi
5.
Proses instalasi dan
maintenance yang murah
6.
Tenaga kerja yang
paham MYOB cukup banyak
7.
Dapat digunakan untuk
memantau 3 tahun periode pembukuan
8.
Nilai investasi yang
relatif murah.
9.
Jangka waktu
implementasi yang relatif cepat
Kelemahan MYOB
Berikut adalah kelemahan-kelemahan
MYOB:
1.
Database MYOB
merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi
laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif
sulit.
2.
MYOB merupakan
software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
3.
Tidak ada module
fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola
assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.
4.
Kelemahan Multi
Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit
dikelola di dalam MYOB.
5.
Tidak dapat digunakan
untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi
tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Perbedaan MYOB dengan software akuntansi lainnya
Berikut adalah
perbedaan MYOB dengan software akuntansi lainnya:
·
Dari segi harga MYOB
dapat dikatakan software akuntansi yang cukup murah dengan fitur-fitur yang
ditawarkan, yakni harga termahalnya $ 1,000.
·
Dalam hal
pengoperasiannya, MYOB menampilkan fitur-fitur yang mudah dipahamai, operator
tinggal mengikuti alur proses yang disediakan dalam software ini. Namun dalam
men-set up di awal ketika hendak menyesuaikan dengan proses bisnis
perusahaan memerlukan kejelian, karena MYOB telah menyediakan bentuk proses
baku sesuai dengan pilihan ketika men-set up. Sehingga apabila telah
salah menentukan proses bisnis saat set up maka selanjutnya proses
bisnis yang disediakan akan menjadi kurang relevan.
·
Dalam kepentingan perpajakan,
software ini tidak relevan (tidak tersedia) dengan sistem perpajakan yang
berlaku di Indonesia.
Daftar Pustaka
http://ibrahimmanorek.blogspot.com/2010/11/myob.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar