Nama : Selviana Dianasari
Kelas : 1EB20
NPM : 28213362
I.
PENDAHULUAN
Hidup bersih dan higienis bisa
dilakukan dengan cara trendy serta fashionable. Pocketbac adalah salah
satu contohnya. Pocketbac merupakan gel pembersih tangan tanpa bilas yang berdesain
lucu dan menarik. Kini keberadaan pocketbac kian digandrungi masyarakat, dari
mulai anak-anak, remaja hingga dewasa.
Dulu diawal kemunculannya,
pocketbac merupakan produk impor dari China dalam desain massal, namun saat ini
banyak pocketbac customized yang dibuat oleh pelaku usaha lokal untuk
memberikan warna tersendiri. Dengan konsep customized, sudah pasti desain dari
pocketbac bisa dipesan sesuai keinginan konsumen, dan di sanalah daya tarik
dari produk handmade yang kini banyak dipesan konsumen dan bisnis pocketbac
semakin banyak diminati para pelaku usaha karena keuntungan yang diperoleh
sangat besar.
II.
ISI
Pocketbac adalah sebuah produk
perpaduan hand sanitizer atau anti bacterial hand gel yang dibungkus dalam
karet sintetis berdesain lucu dan menarik. Seperti namanya, fungsi dari produk
ini sebagai gel untuk pembersih tangan untuk menghilangkan bakteri, tanpa harus
dibilas dengan air.
Popularitas produk pocketbac saat
ini terasa semakin meningkat, sejak keberadaannya di awal tahun 2013. Pocketbac
saat ini telah dikemas oleh para wirausahawan dalam bentuk holder, atau
pembungkus berbahan karet sintetis yang memiliki desain lucu dan menarik,
seperti bentuk hewan, klub-klub bola hingga kartun. Dengan desain seperti itu,
produk tersebut memiliki fungsi ganda, selain sebagai gel pembersih tangan
tanpa bilas, juga bisa digunakan sebagai aksesoris atau gantungan pada tas.
Tidak heran jika para pelaku usaha
banyak yang memilih usaha atau bisnis pocketbac. Berikut faktor-faktor yang
mempengaruhi para pelaku usaha memilih usaha atau bisnis pocketbac, yaitu:
1.) Custom
Produk
pocketbac impor asli China memang semakin meningkat hingga saat ini, namun
dengan produksi massal, membuat produk pocketbac China memiliki desain yang
monoton. Hal inilah yang membuat produk pocketbac customized yang dibuat
handmade oleh pelaku usaha lokal, memiliki celah yang cuku besar dalam menembus
persaingan pasar.
Dan
saat ini, produk pocketbac lokal yang mampu menyaingi produk popularitas
pocketbac impor adalah pocketbac customized dengan inovasi penambahan stiker
bergambar tokoh idola, kartun, hingga foto pribadi, serta pocketbac dengan
tambahan karet sintetis dengan desain kartun, hewan, hingga klub bola dunia.
2.) Keuntungan Besar
Dengan
kepopuleran produk pocketbac saat ini, sudah pasti akan menguntungkan bagi pelaku usaha yang menggeluti bisnis
dibidang produksi ataupun penjualan pocketbac.
Contoh
nyata pelaku usaha yang memperoleh keuntungan besar dari bisnis atau usaha
pocketbac ini adalah Hendra, seorang entrepreneur yang baru merintis usaha
pocketbac impor hingga customized, antara 3-4 bulan lalu. Dari awal ia mencoba
usaha penjualan pocketbac, dalam waktu tiga hari, ia sudah bias menjual 30
produk pocketbac. Dan kini ia pun sukses menjual pocketbac customized buatannya
sebanyak 500 buah setiap bulan, dengan perolehan omset Rp 12.000.000 lebih dan
laba bersih mencapai 70%.
3.) Bahan Baku
Bahan
baku yang mudah didapat dan murah merupakan salah satu faktor penting yang
membuat para pelaku usaha mau menggeluti usaha tersebut. Bahan baku hand
sanitizer sendiri sudah banyak ditemukan di Indonesia, banyak supplier produk
hand sanitizer di berbagai pusat grosir, biasanya dijual dengan harga sekitar
Rp 5.000/produk. Sedangkan holder, untuk lebih praktisnya bisa menggunakan jasa
makloon pembuatan holder pocketbac, biasanya dijual dengan harga sekitar Rp
1.500/holder. Sedangkan untuk lem perekat, bisa didapatkan ditoko kerajinan
tangan atau toko bangunan dengan harga sekitar Rp 150.000/karton(isi 6 botol
lem).
Proses
pemasangan pocketbac cukup mudah, setelah holder dipasangi gambar sesuai
pemesanan, dilanjutkan dengan memasukkan hand sanitizer ke dalam holder
tersebut, dan produk pocketbac pun siap dipasarkan.
4.) Pemasaran
Strategi
pemasaran produk pocketbac itu sendiri banyak macamnya, yaitu: dengan cara
menawarkan secara langsung kepada masyarakat dengan mengenalkan dan menjelaskan
perbedaan pocketbac customized dengan pocketbac impor; dengan langsung membuka
lapak dipusat-pusat keramaian; dipasarkan melalui mulut ke mulut; dipasarkan
melalui media internet dan jejaring sosial; dan masih banyak lagi. Apalagi
konsumen yang dituju banyak seperti anak-anak, remaja, hingga dewasa. Lokasi
pemasarannya pun beragam, bisa di sekolah, pusat perbelanjaan, dll.
III. KESIMPULAN
Bisnis
pocketbac adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Lihat saja, saat ini tidak
sedikit pelaku usaha yang mengkreasikan pocketbac menjadi lebih menarik.
Tentunya segala sesuatu yang kreatif akan memiliki peluang yang baik seiring
perkembangan zaman. Namun agar bisa tetap bertahan dan berkembang sebaiknya
mutu pada produk harus dijaga serta dibuat semenarik mungkin melalui
inovasi-inovasi baru terhadap produk secara rutin untuk menghindari kejenuhan
pasar.
IV. DAFTAR PUSTAKA
Koran
Peluang Wirausaha, Edisi 19. Th VII.
http://www.kosmetikimportmurah.com/index.php?route=information/news&news_id=3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar