Selasa, 12 November 2013

Bisnis Pocketbac



Nama   : Selviana Dianasari
Kelas   : 1EB20
NPM    : 28213362



I.        PENDAHULUAN
Hidup bersih dan higienis bisa dilakukan dengan cara trendy serta fashionable. Pocketbac adalah salah satu contohnya. Pocketbac merupakan gel pembersih tangan tanpa bilas yang berdesain lucu dan menarik. Kini keberadaan pocketbac kian digandrungi masyarakat, dari mulai anak-anak, remaja hingga dewasa.
Dulu diawal kemunculannya, pocketbac merupakan produk impor dari China dalam desain massal, namun saat ini banyak pocketbac customized yang dibuat oleh pelaku usaha lokal untuk memberikan warna tersendiri. Dengan konsep customized, sudah pasti desain dari pocketbac bisa dipesan sesuai keinginan konsumen, dan di sanalah daya tarik dari produk handmade yang kini banyak dipesan konsumen dan bisnis pocketbac semakin banyak diminati para pelaku usaha karena keuntungan yang diperoleh sangat besar.



II.     ISI
Pocketbac adalah sebuah produk perpaduan hand sanitizer atau anti bacterial hand gel yang dibungkus dalam karet sintetis berdesain lucu dan menarik. Seperti namanya, fungsi dari produk ini sebagai gel untuk pembersih tangan untuk menghilangkan bakteri, tanpa harus dibilas dengan air.
Popularitas produk pocketbac saat ini terasa semakin meningkat, sejak keberadaannya di awal tahun 2013. Pocketbac saat ini telah dikemas oleh para wirausahawan dalam bentuk holder, atau pembungkus berbahan karet sintetis yang memiliki desain lucu dan menarik, seperti bentuk hewan, klub-klub bola hingga kartun. Dengan desain seperti itu, produk tersebut memiliki fungsi ganda, selain sebagai gel pembersih tangan tanpa bilas, juga bisa digunakan sebagai aksesoris atau gantungan pada tas.
Tidak heran jika para pelaku usaha banyak yang memilih usaha atau bisnis pocketbac. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi para pelaku usaha memilih usaha atau bisnis pocketbac, yaitu:
1.)    Custom
Produk pocketbac impor asli China memang semakin meningkat hingga saat ini, namun dengan produksi massal, membuat produk pocketbac China memiliki desain yang monoton. Hal inilah yang membuat produk pocketbac customized yang dibuat handmade oleh pelaku usaha lokal, memiliki celah yang cuku besar dalam menembus persaingan pasar.
Dan saat ini, produk pocketbac lokal yang mampu menyaingi produk popularitas pocketbac impor adalah pocketbac customized dengan inovasi penambahan stiker bergambar tokoh idola, kartun, hingga foto pribadi, serta pocketbac dengan tambahan karet sintetis dengan desain kartun, hewan, hingga klub bola dunia.


2.)    Keuntungan Besar
Dengan kepopuleran produk pocketbac saat ini, sudah pasti akan menguntungkan  bagi pelaku usaha yang menggeluti bisnis dibidang produksi ataupun penjualan pocketbac.
Contoh nyata pelaku usaha yang memperoleh keuntungan besar dari bisnis atau usaha pocketbac ini adalah Hendra, seorang entrepreneur yang baru merintis usaha pocketbac impor hingga customized, antara 3-4 bulan lalu. Dari awal ia mencoba usaha penjualan pocketbac, dalam waktu tiga hari, ia sudah bias menjual 30 produk pocketbac. Dan kini ia pun sukses menjual pocketbac customized buatannya sebanyak 500 buah setiap bulan, dengan perolehan omset Rp 12.000.000 lebih dan laba bersih mencapai 70%.
3.)    Bahan Baku
Bahan baku yang mudah didapat dan murah merupakan salah satu faktor penting yang membuat para pelaku usaha mau menggeluti usaha tersebut. Bahan baku hand sanitizer sendiri sudah banyak ditemukan di Indonesia, banyak supplier produk hand sanitizer di berbagai pusat grosir, biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 5.000/produk. Sedangkan holder, untuk lebih praktisnya bisa menggunakan jasa makloon pembuatan holder pocketbac, biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 1.500/holder. Sedangkan untuk lem perekat, bisa didapatkan ditoko kerajinan tangan atau toko bangunan dengan harga sekitar Rp 150.000/karton(isi 6 botol lem).
Proses pemasangan pocketbac cukup mudah, setelah holder dipasangi gambar sesuai pemesanan, dilanjutkan dengan memasukkan hand sanitizer ke dalam holder tersebut, dan produk pocketbac pun siap dipasarkan.
4.)    Pemasaran
Strategi pemasaran produk pocketbac itu sendiri banyak macamnya, yaitu: dengan cara menawarkan secara langsung kepada masyarakat dengan mengenalkan dan menjelaskan perbedaan pocketbac customized dengan pocketbac impor; dengan langsung membuka lapak dipusat-pusat keramaian; dipasarkan melalui mulut ke mulut; dipasarkan melalui media internet dan jejaring sosial; dan masih banyak lagi. Apalagi konsumen yang dituju banyak seperti anak-anak, remaja, hingga dewasa. Lokasi pemasarannya pun beragam, bisa di sekolah, pusat perbelanjaan, dll.









III.  KESIMPULAN
Bisnis pocketbac adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Lihat saja, saat ini tidak sedikit pelaku usaha yang mengkreasikan pocketbac menjadi lebih menarik. Tentunya segala sesuatu yang kreatif akan memiliki peluang yang baik seiring perkembangan zaman. Namun agar bisa tetap bertahan dan berkembang sebaiknya mutu pada produk harus dijaga serta dibuat semenarik mungkin melalui inovasi-inovasi baru terhadap produk secara rutin untuk menghindari kejenuhan pasar.



IV. DAFTAR PUSTAKA
Koran Peluang Wirausaha, Edisi 19. Th VII.
http://www.kosmetikimportmurah.com/index.php?route=information/news&news_id=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar